Beranda · Cara dan Tips · Gaya Hidup · Kesehatan Manfaat Buah Manfaat Tanaman

Penyebab Mata Sering Berkedip dan Penanganannya


Sumber gambar : youtube.com

Penyebab mata sering berkedip dan penanganannya, kondisi mata sering berkedip jarang sekali menimbulkan masalah yang serius dan sebagian besar bisa juga sembuh tanpa memerlukan pada perawatan. Sebenarnya apa saja penyebab mata berkedip dan bagaimana caranya untuk penanganannya?

Mata berkedip menurut dari prof Alan Hedge dari cornell Univ States adalah salah satu refleks mata yang normal terjadi. Prof alan ini menuturkan bahwa rata-rata manusia mengedipkan mata nya ini sebanyak 12 kali permenit nya atau setara dengan 17.000 kali rata-rata seharinya. Beberapa anak ada juga yang matanya sering berkedip seakan-akan berkedip sebanyak 17.000 kali permenit nya.

Berdasarkan penelitian pada tahun 2001 yang dilaporkan oleh penulis utama david coast dari baylor colege of medicine di journal ophthamology yang menuturkan bahwa sebagian besar mata anak yang sering berkedip ini termasuk kedalam kategori yang tidaklah berbahaya dan bisa untuk membatasi dirinya sendiri.

Penyebab Mata Sering Berkedip dan Penanganannya

Mata kita sering berkedip tentu saja disebabkan oleh hal-hal tertentu dan bukan hanya karena ada debu yang masuk kemata kita. Berikut ini ada beberapa penyebab mata kita sering berkedip seperti dikutip dari livestrong :

1. Mata kering, karena berkedip merupakan dari salah satu mekanisme untuk rehidrasi mata.
2. Kita memiliki masalah pada penglihatan seperti convergence insufficienty yaitu suatu masalah dalam hal memfokuskan kedua matanya terhadap obejk yang deket. Atau suatu masalah pada penglihatan yang kabur dan juga membuat seseorang berkedip lebih sering.
3. Adanya suatu masalah pada kelopak mata ataupun bagian mata yang terdiri dari kornea, ruang anterior, iris dan juga lensa.
4. Memiliki gangguan sindrom tourette salah satu gejala dari sindrom ini adalah anak yang sering melakukan tics berupa mata berkedip
5. Adanya suatu gangguan gerakan yang disebut juga dengan dystonia
6. Adanya gangguan pada saraf atau neurologis
7. Mata yang sering berkedip juga dapat bisa menjadi bagian dari epilepsi
8. Adanya pada reaksi alergi yang membuat mata ini suka berkedip

Mata yang sering sekali berkedip ini lebih banyak terjadi pada anak laki-laki daripada perempuan dengan perbandingan sebanyak 2 : 1. Selain itu juga untuk mendiagnosisnya diperlukan riwayat pada kesehatan dari anak serta pemeriksaan klinis. Karena itu perawatan yang diberikan untuk mengatasi suatu kondisi ini juga tergantung pada penyebabnya.

Pada umumnya kondisi mata kedip-kedip yang jarang menimbulkan suatu masalah yang serius dan sebagian besar bisa sembuh tanpa memerlukan pada perawatan. Tapi jika kondisi ini dapat disebabkan oleh epilepsi ataupun dystonia, maka diperlukan pada penanganan lebih lanjut, karena salah satu jenis dystonia yaitu blefarospasme yang bisa membuat kelopak mata kita benar-benar tertutup yang juga dapat menyebabkan pada kebutaan fungsional.

Cara penanganan Mata Sering Berkedip

Disarankan bahwa orangtua harus berkonsultasi dengan dokter untuk obat mata anak yang sering berkedip. Ini bukan suatu masalah yang serius, tetapi dokter mata juga dapat membimbing lebih baik lagi dengan menyarankan hal-hal kecil seperti kacamata, obat-obatan atau air yang membuat pada perubahan besar dan akan dapat menyembuhkan pada mata anak yang suka berkedip. Berikut ini penanganan untuk mata yang sering berkedip :

1. Perawatan Untuk Tics
Jika secara medis ditentukan bahwa pada mata sering berkedip ini disebabkan oleh kejangnya otot atau tics, maka tidak diperlukan lagi intervensi farmakologi dalam banyak kasus. Otot kejang sembuh secara spontan.

2. Perawatan Untuk Gangguan Obsesif Kompulsif
Obsesive Compulsive Disorder ini juga dapat memicu pada mata anak yang suka berkedip dan tics secara berlebihan. Untuk mengendalikan ataupun mengobati pada masalah ini, dokter lebih sering meresepkan stimulan yang berbeda. Jika pada kondisi ini bisa menjadi sangat terkendali, maka dokter dapat meresepkan pada kombinasi stimulan yang berbeda dan terkadang pasien bahkan diobati dengan antidepresan ataupun obat-obatan lainnya.
Itulah penyebab mata sering berkedip dan penanganannya, dengan begitu anak anda tidak akan sering berkedip lagi.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Penyebab Mata Sering Berkedip dan Penanganannya"

Post a Comment

Pages