Beranda · Cara dan Tips · Gaya Hidup · Kesehatan Manfaat Buah Manfaat Tanaman

Kenapa Anak Bayi Tidak Mau Menyusu

Sumber Gambar : Youtube.com
Kenapa anak bayi tidak mau menyusu, pernahkah seorang ibu mengalami pada situasi dimana si buah hati tidak mau dan menolak untuk meminum ASI? Wah tentunya hal ini bisa membuat hati si ibu akan menjadi kecewa, pasalnya ketika seorang ibu yang sedang berhasil menyusui anaknya, lalu melihat anak tumbuh dengan sehat maka kepuasan akan muncul didalam hati.

Selain itu pada pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama bagi si bayi juga sangatlah penting, ASI ini dapat membantu meningkatkan kekebalan dalam tubuh si bayi, mencerdaskan otak, menguatkan tulang dan juga pastinya dapat menjaga kasih sayang diantara ibu dan juga anak.

Tapi bagaimana bila si bayi tidak mau minum ASI? Apa yang bisa diperbuat apakah hal itu sangat normal ataukah tidak, nah sebelum ibu menemukan tindakan apa yang harus bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya ketahui dulu tentang faktor-faktor penyebab bayi yang tidak mau minum ASI dibawah ini :

Kenapa Anak Bayi Tidak Mau Menyusu

1. Kondisi Ruangan Yang Tidak Nyaman Untuk Sih Bayi
Terkadang bayi yang tidak mau menyusu disaat dia berada didalam suatu ruangan yang menurutnya kurang nyaman, seperti pada saat di ruangan yang bising, rami, dan juga banyak orang, bisa juga pada ruangan tersebut banyak memiliki pada suasana pengap sehingga bayi cenderung menangis karena bayi kegerahan, sebaiknya ajaklah bayi tersebut ke suatu ruangan yang tenang dan juga sejuk saat hendak untuk menyusui, dengan begitu bayi akan bisa menikmati ASI tanpa terganggu oleh apapun itu.

2. Tumbuh Gigi
Kemungkinan berikutnya yang membuat bayi ini tidak mau minum ASI yang tumbuhnya gigi susu, biasanya hal ini terjadi ketika pada bayi yang mencapai usia 4-6 bulan, saat ini gigi yang sudah mulai untuk tumbuh maka si bayi akan bisa merasakan kondisi kurang nyaman di mulutnya si bayi.

Seperti pada nyeri dan juga gatal sehingga si bayi pun akan jadi rewel hingga malas untuk minum ASI, lalu apa yang harus dilakukan oleh ibunya? Tidak harus cemas, ibu bisa menghiburnya dengan mainan seperti teether, sambil menyusui agar si bayi menjadi lebih tenang, selain itu juga ibu di sarankan untuk mengusap gusi bayi dengan waslap yang bersih untuk dapat mengurangi nyeri dan gatal, bila sakitnya berlanjut sebaiknya harus diperiksakan ke dokter agar segera di tangani.

3. Bayi Merasa Sudah Kenyang
Penolakan terhadap ASI yang sudah dilakukan oleh seorang bayi ini bisa juga disebabkan karena ibu yang memberikan ASI dengan kadar yang berlebihan, cobalah perhatikan pada frekuensi dan juga periode anda didalam menyusui bayi, biasanya bayi yang baru lahir ini akan meminum ASI 2-3 jam sekali dengan frekuensi 8-12 kali seharinya.

Dan pada waktu yang dibutuhkan untuk sekali menyusui sekitar 15-40 menit, namun demikian seiring bertambahnya pada usia si bayi, keinginannya juga untuk menyusu akan semakin berkurang si bayi juga akan membutuhkan pada asupan makanan lain seperti bubur susu, berah merah, dan lainnya.

4. Bayi Mengalami Sariawan
Siapa sih yang tidak pernah merasakan sakit sariawan? Jangankan orang yang dewasa, anak kecilpun ternyata bisa juga berisiko mengidap penyakit gusi yang berdarah ini, namun tidak jarang ditemukan pada seorang bayi yang berusia kurang dari satu tahun.

Ternyata sariawan ini sering sekali dapat menyebabkan bayi tidak mau menyusu si bayi yang semulanya sangat suka sekali meminum ASI, bisa saja mendadak untuk menolaknya karena pada gusinya terasa perih, biasanya sariawan ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti infeksi pada virus, si bayi sering sekali menggigit lidahnya, dan kurangnya pada asupan vitamin B12.

5. Posisi Untuk Menyusui Yang Tidak Tepat
Faktor yang lain dari penyebab bayi ini tidak mau mengkonsumsi ASI, yakni dari posisi yang menyusui ini tidak tepat, ibu yang harus memperhatikan pada posisi si bayi dan usahakan si bayi ini berada dalam posisi yang miring, dimana letak pada kepalanya lebih tinggi dari badannya si bayi.

Dengan begitu si bayi akan lebih mudah untuk menghisap dan resiko tersedak dapat untuk dihindari, selain itu juga ibu harus memastikan untuk mulut si bayi bisa menjangkau pada seluruh lingkar putting dan aerola, tujuannya agar ASI yang keluar bisa lebih banyak.

6. Terlalu Sering Si Ibu Memberikan Susu Lewat Botol
Apakah ibu yang sering memberikan susu kepada si kecil ini lewat botol, entah itu karena si ibu sangat sibuk sehingga tidak sempat untuk menyusui, kemudian memilih untuk memompa susu dan memberikannya lewat botol ini, atau juga si bunda memberikan susu formula, hati-hati untuk pemberian susu botol dengan ASI dari putting secara bergantian ini bisa membuat si kecil bingung, bahkan karena terlalu sering sekali menghisap dot kemungkinan si kecil akan menolak untuk menyusu.

7. Jangan Diberikan ASI
Sama halnya juga dengan pisau yang jarang sekali digunakan, pasti lama-kelamaan akan menjadi tumpul, begitu juga dengan payudara ketika si ibu sudah mulai jarang sekali menyusui maka produksi pada ASI ini juga akan semakin berkurang, maka dari itu ibu harus rajin-rajin untuk memberikan ASI kepada si kecil dan jangan menunggu hingga saat bayi menangis hal inilah bisa membuat pada pasokan ASI dalam payudara ini lama-lama akan menjadi kosong dan juga sangat sulit untuk dikeluarkan.

8. Tertarik Dengan Makanan Yang Lain
Ketika mencapai pada usia 6 bulan si bayi sudah mulai diperbolehkan untuk mencoba makanan tertentu selain ASI, seperti saja pada susu formula, bubur susu, sari tomat, beras merah tahu yang dihaluskan dan sebagainnya, hal ini terkadang membuat si bayi akan menjadi sangat excited dan juga ketagihan sehingga tidak jarang si bayi pun mulai merasa bosan dengan ASI.

Kondisi ini sangatlah wajar setidaknya usahakan agar si ibu tetap untuk memberikannya ASI sebanyak 4-6 kali dalam sehari, dan di usia 6 bulan dan 3-5 sehari dan di usia 7-12 bulan ini, dengan begitu anak akan lebih cepat tumbuh kembang.

9. Kurang Enak Badan Atau Sakit
Saat si buah hati terserang penyakit tertentu ini misalnya seperti pilek, flu, batuk, infeksi pada telinga si kecil tidak hanya rewel saja akan tetapi dapat menunjukkan gejala yang lainnya seperti untuk menolak menyusu ASI jika hal ini terjadi langkah pertama yang harus ibu lakukan adalah segera memberikan pada pertolongan pertama seperti mengompres jika anak tersebut sedang demam, dan membawanya untuk berobat ke rumah sakit.

10. Efek Dari Imunisasi
Dengan memberikan imunisasi pada bayi yang baru lahir ini memang sangat disarankan untuk dilakukan, tujuannya untuk bisa meningkatkan pada kekebalan tubuh si bayi sehingga dia tidak mudah terserang penyakit, namun dengan demikian pada pemberian imunisasi ini juga bisa memberikan dampak sementara bagi si kecil.

Seperti dengan rasa nyeri dibagian kulit yang disuntik, rewel, demam, dan penolakan terhadap ASI, bunda tidak perlu khawatir lagi karena dengan kondisi tersebut sudah cukup wajar dan hanya akan bisa berlangsung dalam beberapa hari saja.

11. Aroma Ibu Yang Berbeda
Ketikan masih single kamu pasti masih bisa bebas dengan menggunakan parfum sesuka hatimu, beragam arma pun tidak akan menjadi masalah, namun setelah memiliki seorang anak sebaiknya kamu tidak berganti-ganti parfum, karena hidung bayi sangatlah peka ia bisa mencium aroma yang sangatlah berbeda dari tubuh ibunya entah itu dari aroma parfum, deodorant, sabun, dan lainnya, ketika hal ini si kecil rasakan si kecil akan sangat cenderung menolak ASI sebab pada aroma yang ia cium tampak asing tidak seperti pada biasannya.

12. Produksi ASI Si Ibu Yang Sedikit

Apabila ASI yang dikeluarkan oleh payudara ibu yang sangat sedikit, hal ini tentu saja membuat si bayi akan jadi kesulitan untuk menghisap susu dari putting si ibu, sehingga si kecil pun akan malas untuk menyusu, lalu apa yang bisa menyebabkan pada produksi ASI menjadi sedikit? Ada banyak faktor salah satunya adalah dari hormon, selain itu juga bisa dikarenakan ibu jarang sekali menyusui dimalam hari.

Perlu diketahui bahwa pada malam hari hormon prolactin, hormon yang bisa merangsang keluarnya ASI dan diproduksi lebih banyak daripada disiang hari, maka dari itu jika ibu ingin ASI nya lancar sempatkanlah waktu untuk menyusui dimalam hari, agar ASI menjadi lebih lancar.

13. Sering Tersendak Saat Menyusui
Apakah bayi anda mendadak menjadi lebih malas untuk menyusu, bisa jadi itu Karena ia terlalu sering tersendak ataupun kaget ketika air susu yang menyembur, biasanya tersedak ini terjadi karena pada posisi menyusui yang salah ataupun karena jumlah susu yang masuk ke dalam mulut bayit terlalu banyak, ibu bisa mengatasi hal ini dengan cara mengatur pada posisi menyusui dan membuat cadangan ASI didalam botol.

Selain itu juga si ibu juga bisa disarankan untuk menghentikan pada proses untuk menyusui saat nafas si bayi terdengan terengah-engah, sedangkan untuk bisa mengurangi aliran pada ASI yang terlalu deras, si ibu bisa memompa ASI saat tekanannya penuh, kemudian ajaklah untuk si kecil menyusu dikala pada kadar ASI didalam payudara tidak terlalu banyak.

14. Efek Pada Perubahan Hormon Saat Siklus Menstruasi
Perubahan yang sangat mencolok dan rasa yang sangat nyaman ini akan dialami oleh si ibu ketika memasuki pada masa-masa menstruasi, selain itu perut terasa sangat nyeri biasanya produksi ASI ini juga akan berkurang selain itu juga puting ibu merasa sakit, kondisi ini sangatlah wajar, tapi mungkin ini akan berimbas pada si kecil dimana ia akan menjadi lebih rewel untuk menyusu karena adanya pada perubahan hormon yang terjadi di payudara si bunda.

15. Pengonsumsian Pada Obat-Obatan Si Ibu

Penggunaan obat-obatan selama masa proses menyusui ini bisa berpengaruh terhadap ASI, sehingga dapat menyebabkan bayi ini sangat cenderung untuk menolak meminum ASI, selain itu juga si ibu harus tau bahwa pada pemakaian pil KB ini juga dapat mengurangi kuantitas dari ASI, dimana susu yang dikeluarkan menjadi lebih sedikit dari biasanya.

Maka dari itu sebaiknya harus hindari pada penggunaan obat-obatan selama menyusui, bila si ibu hanya ringan seperti flu atasi saja dengan memperbanyak mengkonsumsi vitamin yang diperoleh dari buah-buahan dan juga sayur-sayuran dan memperbanyak minum air putih.

16. Rasa ASI Yang Berbeda

Pada rasa ASI yang berbeda ini karena makanan ataupun juga obat yang di konsumsi oleh si ibu, malah akan menjadi perubahan pada hormon didalam tubuh si ibu.

17. Stres
Bayi yang sedang mengalami stres setelah melakukan perjalanan yang jauh ataupun pindah kerumah yang baru, sehingga bisa membuatnya untuk menolak menyusu, reaksi ibu yang berlebihan saat tidak akan mengetahuinya hingga bisa membuat ia akan menolak untuk menyusu.

18. Terpisah Dari Ibu Yang Cukup Lama

Hal ini bisa juga terjadi ketika si ibu jatuh sakit dan harus berhenti untuk menyusui sementara karena pada pengaruh obat yang tidak baik bagi si bayi, atau saat si ibu pergi liburan selama beberapa hari tanpa menyusui si kecil.

Kenapa anak bayi tidak mau menyusu diatas sudah jelas ada beberapa faktor yang harus ibu ketahui, dengan begitu untuk si ibu bisa mengatasi hal tersebut agar si bayi lebih tumbuh cepat.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Kenapa Anak Bayi Tidak Mau Menyusu"

Post a Comment

Pages