Beranda · Cara dan Tips · Gaya Hidup · Kesehatan Manfaat Buah Manfaat Tanaman

Kulit Kepala Kering, Ini Penyebab dan Cara Untuk Mengatasinya


Sumber Gambar : youtube.com

Kulit kepala kering, ini penyebab dan cara untuk mengatasinya, kulit kepala yang kering dan gatal memang dapat mengganggu penampilan dan juga kenyamanan. Bukan hanya itu saja, kulit kepala yang kering juga bisa menjadi suatu tanda adanya suatu masalah dalam sistem kekebalan tubuh seseorang. Kulit kepala yang kering juga dapat menimbulkan bercak bersisik yang disertai dengan rasa gatal. 

Penyebab dari kulit kepala yang keringpun beragam. Mulai dari penyakit eksim, dermatitis ddan psoriasis. Faktor lain yang juga bisa menyebabkan kulit kepala menjadi kering, seperti udara yang dingin dan kering. Dermatitis kontak terhadap produk untuk rambut, serta usia. Kondisi kulit kepala yang kering sebaiknya segera ditangani agar tidak semakin parah, dan untuk mengatasinya perlu diketahui terlebih dahulu apa itu penyebabnya :

Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kepala Yang Kering

Berikut ini adalah beberapa penyebab ddan juga cara mengatasi kulit kepala yang kering, perlu anda ketahui.

a. Eksim
Eksim yang terjadi pada kulit kepala ini dapat membuat kulit kepala bersisik, serta menimbulkan rasa yang gatal dan mengganggu. Eksim dikulit kepala, pada umumnya terjadi pada anak-anak ataupun bayi. Penyebab timbulnya eksim masih juga belum diketahui dengan jelas, namun diduga terkait dengan respons sistem kekebalan tubuh pada zat ataupun unsure yang dapat menyebabkan iritasi. Selain itu riwayat asma dan juga alergi juga terkait dengan munculnya eksim.

Untuk mengatasi eksim dikepala, dapat juga dilakukan dengan menggunakan krim kortikosteroid serta pelembab yang sudah diresepkan oleh dokter. Selain itu sebisa mungkin hindarilah untuk menggaruk dan juga menggunakan sabun dengan bahan yang keras.

b. Psoriasis
Pada kondisi kulit kepala yang kering akibat psoriasis, kulit kepala yang akan memerah dan juga bersisik akibat berlapis-lapis kulit yang sudah terkelupas dan menumpuk. Kondisi ini tidak hanya terjadi di kulit kepala, tapi juga dapat terjadi di belakang leher, kening dan belakang kuping. Sebagian ahli berpendapat bahwa pada penyakit psoriasis ini disebabkan oleh gangguan psoriasis yang dapat menyebabkan gatal serta luka berkerak yang sudah tebal dan bertahan lama.

Menggaruk kelapa secara berlebihan dapat juga menyebabkan rambut rontok serta infeksi. kulit kepala psoriasis ini dapat juga diatasi dengan menggunakan krim, salep, sampo atau minyak antiketombe yang bertahan sulfur selenium sulfide, dan asal salisilat. Selain itu dokter mungkin saja akan menyuntikan kortikosteroid langsung pada area yang terkena psoriasis.

Jika anda mengalami yang namanya psoriasis dengan tingkatan sedang hingga parah, dokter pun akan memberikan obat suntik atau oral, seperti kortikosteroid, derivate, methotrexate, vitamin A, D, serta ciclosporin. Selain dengan menggunakan obat, terapi sinar ultraviolet juga bisa dapat dilakukan untuk menangani psoriasis.

c. Dermatitis Seboroik
Dermatitis seboroik disebut juga dengan istilah eksim seboroik atau psoriasis seboroik. Dermatitis seboroik ini dapat membuat kulit memerah, kulit kepala menjadi bersisik serta timbul ketombe. Jika anda menganggap ini suatu kondisi disebabkan oleh kurangnya kebersihan diri, maka anda sangat keliru. Penyebab pasti dermatitis seboroik ini masik belum diketahui.

Namun diduga ini disebabkan oleh peradangan yang berhubungan dengan psoriasis ataupun jamur malassezia yang berada dikulit kepala. Karena suatu kondisi ini biasanya juga berlangsung dalam jangka panjang dan kambuh-kambuhan, maka akan menyarankan anda untuk menggunakan pada shampoo untuk dapat mengatasi ketombe.

Apabila dirasa penggunaan shampoo ini tidak berhasil, maka barulah dokter melakukan pada penggobatan untuk menekan aktivitas pada sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif. Dokter juga akan melakukan untuk perawatan mengatasi peradangan pada kulit, serta memberikan obat oles untuk mengatasi bakteri. Selain itu juga obat antijamur dalam bentuk tablet ataupun sampooleh dokter untuk mengatasinya.

Kulit kepala yang kering tidak hanya mengganggu penampilan anda secara keseluruhan. Jika dibiarkan dan juga semakin parah, maka kulit kepala yang kering ini dapat menimbulkan infeksi kulit kepala, karena rasa gatal yang muncul.

Beberapa masalah kulit kepala ini memang dapat juga diatasi dengan menggunakan pengobatan sendiri. Contohnya dengan memakai shampoo, krim ataupun gel yang khusus di jual bebas. Namun jika anda merasa kondisi kulit kepala yang kering anda alami semakin mengganggu, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Kulit kepala yang kering tak hanya mengganggu penampilan kita secara keseluruhan. Jika dibiarkan dan semakin parah, maka kulit kepala yang kering dapat menimbulkan pada infeksi karena luka garukan akibat dari rasa gatal yang muncul.

Beberapa masalah kulit kepala memang dapat diatasi dengan cara menggunakan pengobatan sendiri, contohnya dengan memakai sampo, krim atau gel yang khusus di jual bebas. Namun jika anda ini merasa kondisi kulit kepala kering yang sering anda alami dan semakin mengganggu, segeralah konsultasikan ini ke dokter untuk bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Kulit Kepala Kering, Ini Penyebab dan Cara Untuk Mengatasinya"

Post a Comment

Pages