Beranda · Cara dan Tips · Gaya Hidup · Kesehatan Manfaat Buah Manfaat Tanaman

Cara Mengobati Sakit Mata Agar Tidak Menular


Cara Mengobati sakit mata agar tidak menular, sakit mata menular ataupun konjungtivitis (conjunctivitis) atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan pinkeye adalah peradangan jaringan yang menutupui depan mata dan juga melapisi bagian dalam kelopak mata. Cegah dengan penyebaran dan segeralah obati sakit mata menular dengan mengenali pada penyebabnya dan cara untuk mengatasinya.

Konjungtivitis adalah suatu penyakit mata yang menular yang paling umum sering ditemui dan bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Infeksi virus dan juga bakteri adalah faktor yang utama dan membuat kondisi ini bisa menular dengan mudah dari satu orang lainnya.

Selain virus dan juga bakteri, konjungtivitis bisa disebabkan oleh kotoran, asap, klorin yang digunakan pada kolam renang, debu dan alergi maupun iritasi yang biasanya juga terjadi pada para pengguna lensa kontak. Namun konjungtivitis ini yang disebabkan oleh iritasi ataupun alergi tidak menular.

Sakit mata menular yang disebabkan karena infeksi virus adalah yang paling mudah sekali menular dan seringnya dapat disebabkan oleh virus yang bernama adenovirus. Adenovirus adalah suatu virus yang menyebabkan beberapa pada gangguan kesehatan, termasuk flu, bronkitis, diare, sakit tenggorokan, demam dan pneumonia.

Konjungtivitis bisa juga menular dikarenakan oleh bakteri. Penularan konjungtivitis bisa juga terjadi dari tangan ke mata, dari benda yang telah terkontaminasi oleh virus atau bakteri dan dari saluran pernapasan.

Sakit mata menular ditunjukkan dengan kemunculan gejala-gejala yang tertentu, seperti mata terasa gatal ataupun perih berwarna kemerahan pada area putih di mata atau sisi dalam kelopak mata dan mata berair. Gejala lain yang mungkin saja dirasakan termasuk keluarnya suatu cairan berwarna putih, hijau (belek) atau kuning yang menjadi kerak di bulu mata, Penglihatan bisa juga menjadi kabur dan mata akan menjadi lebih sensitive terhadap cahaya.

Cara Mencegah dan Mengobati Sakit Mata Menular

Sakit mata yang menular bisa dihindari dengan rajin mencuci tangan untuk dapat mengurangi risiko pada penularan. Beberapa langkah untuk pencegahan lain juga bisa kita lakukan seperti :

a. Hindari terlalu sering menyentuh wajah, karena virus ini bisa saja masuk melalui mata, hidung dan juga mulut

b. Bagi para pengguna lensa kontak, dianjurkan untuk dapat memperhatikan dan juga menjaga kebersihan lensa dan juga perangkat tambahan lainnya dan jangan berbagi pakai lensa kontak mata anda ini dengan orang lain.

c. Jika memungkinkan gunakanlah kacamata daripada memakai lensa kontak

d. Harus hindari berbagi pakai handuk, sarung bantal, lap mandi, mascara maupun pensil mata dengan penderita yang sedang sakit mata.

e. Selalu mencuci tangan sehabis melakukan kontak terhadap penderita sakit mata

f. Usahakan anda maupun anak yang sedang terkena pada sakit mata menular untuk tetap berada di dalam rumah, hingga fase penularan ini berakhir ataupun kondisi anak membaik.

Pengobatan sakit mata menular ini akan ditemukan berdasarkan pada penyebab infeksinya. Untuk bisa meredakan gejala? Kompres dingin dan air mata buatan bisa dianjurkan sebagai untuk pelumas agar mata ini tetap terasa nyaman dan tidak kering. Obta antihistamin mungkin saja direkomendasikan untuk dapat mengurangi rasa gatal yang sangat mengganggu.

Anda mungkin akan diminta untuk berhenti menggunakan lensa kontak mata sampai kondisi ini dapat membaik. Obat sakit mata menular akibat infeksi pada virus biasanya tidak diperlukan. Penanganannya hanya berupa kompres dingin dan juga air mata buatan, serta menjaga pada kebersihan mata.

Obat antivirus diberikan pada kasus sakit mata yang menular dan lebih serius seperti herpes zoster pada mata. Antibiotic ini akan diberikan sebagai obat sakit mata yang menular dan diakibatkan oleh infeksi bakteri dan juga tersedia dalam bentuk obat tetes ataupun oles. Untuk konjungtivitis ini akibat alergi biasanya kita akan diberikan obat antialergi dan juga obat tetes mata setelah sumber alergi ini dibersihkan dari mata.

Obat untuk sakit mata yang menular pada bayi ini akan sedikit berbeda dengan orang dewasa. Segera temui dokter begitu juga anda merasakan atau menemukan gejala diatas untuk bisa mendapatkan penanganan dan juga menghindari pada penyebaran sakit mata menular ke orang lain.

Itulah cara mengobati sakit mata agar tidak menular yang sudah dijelaskan diatas, ada baiknya untuk dilakukan dirumah, apabila sakit mata tidak konjung sembuh anda harus konsultasikan ini ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mengobati Sakit Mata Agar Tidak Menular"

Post a Comment

Pages