Beranda · Cara dan Tips · Gaya Hidup · Kesehatan Manfaat Buah Manfaat Tanaman

Cara Membersihkan Kotoran Telinga


Cara membersihkan kotoran telinga, tahukah anda? Bila membersihkan telinga dengan cotton bud itu berisiko membuat kotoran telinga makin terdorong kedalam saluran telinga? Lalu, bagaimanakah cara untuk membersihkan telinga dengan tepat! Simak cara berikut ini :

Kotoran telinga atau serumen pada umumnya berupa gumpalan lunak yang merupakan produksi alami dari kelenjar minyak pada liang telinga. Gumpalan ini juga berfungsi untuk dapat melindungi telinga, berperan memerangkap debu, menghambat pada pertumbuhan kuman dan menjaga agar air tidak masuk kedalam telinga. Kotoran telinga juga sebenarnya tidak akan menyebabkan gangguan, jika jumlahnya tidak berlebihan.

Jika terlalu banyak, maka kotoran telinga dapat menyumbat telinga hingga dapat menyebabkan nyeri pada telinga dan juga gangguan pendengaran. Kondisi ini dinamakan serumen prop, dan perlu juga dibersihkan. Namun jika salah metode, maka pembersihan telinga justru akan dapat mengakibatkan kotoran semakin terdorong kedalam telinga. Lalu bagaimana cara untuk membersihkan kotoran telinga yang sudah berlebihan ini?

Cara Membersihkan Kotoran Telinga

1. Jangan Mengorek Telinga
Kotoran telinga yang sudah menumpuk perlu ditangani dengan baik. Jika tidak maka dapat menyebabkan beberapa masalah pada kesehatan, meliputi :

a. Telinga terasa gatal
b. Nyeri telinga yang tidak kunjung sembuh
c. Gangguan pada pendengaran
d. Telinga berdering
e. Infeksi saluran telinga luar ataupun otitis eksterna
f. Infeksi telinga bagian tengah
g. Terbentuknya lubang pada gendang telinga ataupun gendang telinga pecah

Namun jangan pernah untuk memasukkan cutton bud, lidi yang sudah dilapisi kapas, klip kertas ataupun jepit rambut kedalam telinga anda, sebagai membersihkan telinga. Hal ini justru berisiko merusak saluran ataupun gendang telinga. Selain itu alih-alih berhasil dikeluarkan, kotoran telinga justru dapat berisiko makin mengendap disaluran telinga.

Cara Membersihkan Telinga Yang Benar

Berikut ini ada beberapa cara untuk membersihkan telinga yang dapat anda lakukan diantaranya :

1. Hindari menggunakan ear candle atau lilin telinga, karena tidak terbukti efektif dan ini justru berisiko dapat menyebabkan cedera, seperti terbakar dan tersumbatnya saluran pada telinga.

2. Gunakan obat tetes telinga yang banyak di jual bebas di apotek ataupun toko obat. Obat ini dapat melunakkan pada gumpalan sehingga sangat mudah dikeluarkan. Bisa juga menggunakan minyak bayi (baby oil) ataupun gliserin.

3. 2-3 hari setelah menggunakan pelunak kotoran telinga maka miringkan kepala kemudian teteskan air hangat kedalam saluran telinga yang bermasalah, kemudian miringkan kepala anda ke sisi lain untuk mengeluarkan kotoran telinga. Keringkan air dari saluran telinga lalu lap dengan handuk pelan-pelan.

4. Anda mungkin perlu mengulang pada proses ini beberapa kali hingga seluruh kotoran telinga akan keluar. Meski demikian jangan gunakan cara ini jika telinga anda sudah infeksi atau anda pernah menjalani operasi telinga. Metode ini pun juga sangat berisiko membuat kotoran telinga yang melunak menjadi masuk lebih kedalam saluran telinga. Oleh karenanya jika kotoran telinga ini tidak berkurang, segeralah periksakan telinga anda ke dokter yang sudah ahli dalam bidang tersebut khususnya dokter THT.

5. Pergi kedokter, biasanya dokter dapat mengeluarkan kotoran telinga dengan alat yang khusus untuk dapat mengeluarkan kotoran telinga atau dengan memakai alat sedot (suction). Langkah lain dokter mungkin akan merekomendasikan irigasi telinga, yaitu dengan pengaliran air bertekanan untuk dapat mengeluarkan kotoran telinga.

6. Jika pada penumpukan kotoran telinga ini terus berulang, dokter bisa juga merekomendasik cara membersihkan telinga dengan menggunakan obat-obatan seperti peroksida karbamida yang pada pemakaiannya harus sesuai dengan anjuran dokter, karena dapat menyebabkan iritasi pada gendang telinga dan kulit saluran telinga.

Ingat untuk itu segeralah konsultasikan ke dokter spesialis THT terutama jika anda mengalami nyeri pada telingga, gatal-gatal, pusing, pendengaran, keluar cairan atau darah dari telinga anda, serta keluar bau yang tak sedap dari telinga, setelah membersihkan telinga anda.

Itulah cara membersihkan kotoran telinga yang sudah dijelaskan diatas, ada baiknya dengan mengikuti cara tersebut, maka kotoran telinga akan keluar dan tidak dapat menyebabkan infeksi pada telinga anda dengan begitu telinga menjadi lebih bersih.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membersihkan Kotoran Telinga"

Post a Comment

Pages