Beranda · Cara dan Tips · Gaya Hidup · Kesehatan Manfaat Buah Manfaat Tanaman

Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat


Cara merawat rambut agar tetap sehat, ada banyak beragam cara untuk merawat rambut agar sehat dan juga berkilau. Beberapa cara yang mudah yang bisa dilakukan tanpa anda harus pergi ke salon, adalah dengan memilih produk perawatan rambut yang sesuai dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang baik dan dapat mendukung kesehatan rambut serta menutrisi rambut dari dalam dan dengan melalui asupan makanan yang sehat.

Rambut yang terlihat indah jika dilihat dari jauh belum tentu tanpa masalah. Karena seiring dengan berjalannya waktu, maka rambut bisa saja menjadi kering, rontok dan bercabang. Sinar matahari, iklin dan juga polusi ini diduga sangat berperan terhadap perubahan dan kerusakan pada rambut. Belum lagi pada pemakaian blow dry, pelurus ataupun catokan (flat iron), pengeriting dan juga pewarna rambut. Yuk kita simak berbagai cara untuk merawat rambut :

Teknik Perawatan Rambut Sehari-hari

Berikut ini adalah tips untuk perawatan rambut yang bisa kita mulai ketika anda berada di rumah dan dilakukan setiap hari diantaranya :

a. Dimulai dari kulit kepala
Cara merawat rambut agar sehat, indah dan juga berkilau dapat dimulai dengan tidak melupakan pada kesehatan kulit kepala. Mengapa?  Karena akar pada rambut yang tertanam dibawah kulit kepala. Menurut ahli perawatan rambut dan juga kulit kepala, folikel rambut juga dipengaruhi oleh kesehatan dan pasokan darah dari jaringan pada kulit disekitarnya. Jadi bisa dibilang jika kulit kepala adalah kunci rambut yang sehat.

Beberapa ahli yang menyarankan untuk memilih pada produk perawatan rambut yang mengandung fatty alcohol atau yang bertuliskan myristyl, stearyl dan cetyl. Jangan lupa untuk keramas setiap 2 atau 3 hari sekali, kemudian pijat kulit kepala selama 30 detik.

Dengan memijat kulit kepala mampu untuk meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang pada folikel rambut untuk dapat memproduksi rambut yang lebih tebal dan juga berkilau. Selain itu, oleskan minyak zaitun ataupun vitamin E di kulit kepala dan lindungi kulit kepala serta pada rambut dari sengatan sinar ultraviolet yang berbahaya dengan menggunakan topi.

b. Perawatan Pada Saat Keramas
Disarankan untuk memilih pada sampo yang sesuai dengan jenis rambut (normal, berminyak dan kering) sesuai masalah pada rambut yang dialami (ketombe, rontok dan bercabang). Hindari sampo yang banyak mengandung bahan-bahan keras seperti ammonium lauryl sulfate ataupun sodium lauryl sulfate. Ketika keramas dianjurkan untuk menggunakan air yang hangat. Karena air panas dapat melenyepkan minyak alami rambut, sedangkan untuk air dingin ini bisa membuat rambut ini menjadi kusam.

Setelah bersampo, kemudian oleskan kondisioner untuk dapat menjaga rambut tetap lembut, mudah ditata dan berkilau. Diamkan selama 2-3 menit sebelum dibilas hingga bersih.

c. Perawatan Setelah Keramas
Rambut yang masih basa, 3 kali lebih rentan mengalami kerusakan, oleh karena itu disarankan untuk tidak menyisir ataupun menggosok-gosok rambut yang masih basah ini dengan handuk. Lebih baik tata rambut ketika sudah 90% kering dan usahakan untuk membiarkan rambut kering ini dengan sendirinya sebagai salah satu cara untuk perawatan rambut yang teratur.

d. Perawatan Sehari-hari
Agar mahkota anda senantiasa sehat, jangan lupa untuk mempraktikkan cara merawat rambut ini dengan meminimalkan pada penggunaan aksesoris rambut. Jangan terlalu kering untuk menguncir atau mengepang rambut (apalagi terlalu kencang). Jangan juga terlalu lama atau sering menyisir rambut serta trimming rambut secara berkala tiap 10-12 minggu untuk dapat mencegah rambut bercabang. Kurangi pada pemakaian produk rambut berbahan kimia dan juga pemakaian alat piƱata rambut yang menggunakan panas.

e. Makanan dan Vitamin Rambut
Apa yang kita konsumsi juga sangat berpengaruh terhadap pada kesehatan dan keindahan rambut, oleh karena itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sarat pada protein (telur, kacang, susu, ikan, daging, unggas) zat besi (salmon, keju, sarden dan yogurt) anda juga bisa mengonsumsi pada suplemen biotin untuk dapat membantu mengurani ataupun mencegah kerontokan rambut.

Selain mempraktikkan berbagai cara merawat rambut agar tetap sehat, diatas akan lebih sempurna lagi jika anda berkonsultasi ke dokter untuk dapat membantu merawat rambut anda agr tetap indah dan sehat. Terlebih lagi jika anda memiliki keluhan terkait kesehatan rambut.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat"

Post a Comment

Pages