Beranda · Cara dan Tips · Gaya Hidup · Kesehatan Manfaat Buah Manfaat Tanaman

Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami


Cara mengatasi ketombe secara alami, kemunculan ketombe ini biasanya ditandai dengan adanya pengelupasan kulit di kepala. Kondisi ini tergolong normal, namun bisa juga menjadi suatu masalah jika pada produksi ketombe menjadi diluar kendali, gatal dan makin banyak. Banyaknya pada ketombe dapat juga menandakan terjadinya peradangan pada kulit di kepala.

Tidak hanya dapat mengganggu kesehatan kulit kepala, ketombe juga dapat menyebabkan merah dan gatal pada kulit di sekitaran wajah dan telinga. Beberapa hal dibawah ini dapat menyebabkan ketombe antara lain :

a. Adanya kelompok jamur tertentu bernama malassezia, biasanya juga akan berkembang biak di kulit kepala orang dewasa.
b. Dalam banyak kasus, ketombe ini disebabkan oleh kulit berminyak yang dapat mengalami iritasi yang dikenal dengan dermatitis seboroik.
c. Kulit kering yang kering juga dapat menimbulkan ketombe di kepala, karena kulit kepala yang kering ini dapat rasa gatal kepala, akibatnya muncul lah ketombe.
d. Pemakaian produk perawatan rambut yang justru mengiritasikan kulit kepala. Pada kulit kepala yang sangat sensitif terhadap produk-produk pada perawatan rambut tertentu dapat juga mengakibatkan dermatitis kontak.

Inilah Cara-Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami

Pertumbuhan ketombe masih bisa di control dengan pemakaian shampoo rambut yang khusus dan mampu untuk mengurangi minyak dan mengatasi pada penumpukan sel-sel kulit pembentuk ketombe.

Seseorang yang berketombe dianjurkan memakai shampoo antiketombe yang di jual bebas di apotek dan toko-toko yang serba ada. Perlu diperhatikan bahwa setiap produk shampoo antiketombe ini memiliki kandungan yang berbeda-beda sehingga kita disarankan untuk mencoba memakai berbagai jenis pada shampoo antiketombe untuk bisa mendapatkan hasil yang paling sesuai dengan kondisi yang dialami.

Cara untuk mengatasi ketombe diawali dengan pemakaian shampoo antiketombe secara rutin. Shampoo antiketombe pada umumnya ini mengandung zat-zat sebagai berikut :

a. Zinc pyrithione, zat khusus yang terkandung didalam shampoo ini bersifat antibakteri dan juga antijamur. Jenis shampoo ini dapat juga mengurangi perkembangan jamur penyebab ketombe dan juga dermatitis seboroik.
b. Ketocanozole, merupakan agen antijamur berspektrum luas yang digunakan ketika shampoo jenis lain tidak mampu untuk membasmi ketombe. Shampo ini ada yang di jual bebas atau melalui resep dokter.
c. Asam salisilat, bisa juga mengatasi kerak pada kulit di kepala karena ketombe. Namun, kandungan ini bisa juga membuat kulit kepala menjadi kering sehingga dapat menyebabkan makin banyaknya pada kulit yang terkelupas.

Sebagai solusi dari efek yang kering setelah penggunaan shampoo antiketombe yang berbahan asam salisilat, anda juga disarankan untuk dapat menggunakan pelembab kulit kepala dan rambut.

d. Selenium Sulfida, jenis shampoo ini mampu untuk menghambat kematian sel-sel kulit dan juga dapat mengurangi malassezia. Namun efek sampingnya ini bisa mengubah warna rambut. Jadi gunakanlah bila dianjurkan oleh dokter dan bilas rambut anda sampai bersih setelah menggunakan shampoo.

e. Shampoo Berbahan Ter, ter batubara juga cocok untuk mengatasi ketombe, dermatitis seboroik serta psoriasis karena dapat juga menghambat kematian pada sel-sel kulit di kepala. Perlu diperhatikan bahwa shampoo ter serupa juga dengan efek penggunaan shampoo yang berbahan selenium sulfide, yaitu dapat juga memicu pengubahan warna rambut.

Selain pemakaian shampoo, cara menghilangkan ketombe secara alami dapat dilakukan dengan penggunaan bahan alami. Beberapa solusi mengatasi ketombe ini dengan cara alami antara lain:

1. Lidah Buaya
Lidah buaya memang dikenal memiliki sifat dan manfaat karena apa yang ada didalam lidah buaya banyak mengandung karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, vitamin A, B1 dan C. tidak hanya untuk menghitamkan rambut saja, lidah buaya juga dapat menghilangkan ketombe secara cepat. Berikut cara penggunaannya :

1. Siapkan lidah buaya secukupnya
2. Kemudian haluskan daging lidah buaya ini secukupnya
3. Oleskan secara merata pada kulit kepala
4. Pijat-pijat dengan lembut agar dapat meresap pada kulit kepala
5. Biarkan selama 30 menit
6. Kemudian bilas dengan menggunakan air bersih

2. Daun Sirsak
Salah satu kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan adalah daun sirsak, karena daun sirsak adalah acetogenin yang merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas pada sitotoksik (membunuh racun), atau energy yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang.

Acetogenin yang masuk dan menempel di reseptor dinding sel dan juga merusak ATP di dinding mitokondria. Namu tidak hanya untuk kesehatan saja, daun ini juga memang bermanfaat bagi manusia, namun secara ajaib daun ini sangat beracun bagi serangga atau parasit. Karena itulah daun sirsak ini dapat digunakan untuk menghambat dan juga membasmi kutu dan ketombe yang ada di kulit kepala.

Untuk cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan bahan ini adalah :

1. Siapkan beberapa helai dari daun sirsak
2. Cuci sampai bersih, kemudian tumbuk sampai halus
3. Tambahkan sedikit air
4. Gunakan sebagai masker pada rambut
5. Oleskan hingga merata
6. Biarkan sampai 30 menit
7. Bilas dengan menggunakan air bersih atau keramas

3. Jeruk Nipis
Jeruk nipis merupakan jeruk yang paling sangat kaya kandungannya adalah vitamin C. tidak hanya vitamin C saja, jeruk nipis ini juga mengandung vitamin B1,B2, B3, B5, serat, lemak, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, gula, karbohidrat, asam folat dan seng. Tidak lupa juga asam sitrat yang dapat membuat rasa asam.

Vitamin C pada jeruk nipis ini akan mendorong pada pertumbuhan akar rambut.  Anda juga dapat menggunakan jeruk nipsi ini menebalkan rambut kita atau untuk mengatasi kebotakan, selain menebalkan rambut, pada penggunaan yang teratur di jeruk nipis pada kulit kepala juga dapat digunakan untuk dapat membasmi ketombe dan kutu.

Cara menghilangkan ketombe ini dengan bahan jeruk nipis antara lain :

1. Siapkan beberapa jeruk nipis
2. Peras jeruk nipis
3. Campurkan air jeruk nipis ini dengan air secukupnya
4. Oleskan pada rambut sampai merata
5. Biarkan sebentar agar dapat meresap pada kulit kepala
6. Bilas dengan menggunakan air bersih atau langsung keramas

4. Buah Lemon
Tidak hanya jeruk nipis saja, kita juga bisa menggunakan buah lemon sebagai cara untuk menghilangkan ketombe pada rambut. Dengan cara yang sama seperti jeruk nipis. Dengan melakukan keramas pada buah lemon ini maka ketombe akan segera teratasi.

5. Minyak Kemiri
Tidak hanya digunakan sebagai minyak penyubur rambut, minyak ini juga dapat digunakan sebagai cara untuk menghilangkan ketombe secara alami tanpa harus merusak rambut anda, untuk caranya sangat mudah dilakukan sebagai berikut :
1. Gunakan minyak kemiri ini sebelum keramas
2. Biarkan selama 30 menit
3. Bilas dengan menggunakan air bersih

Itulah cara mengatasi ketombe secara alami, dengan melakukan cara tersebut maka ketombe dapat segera diatasi dengan mudah.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami"

Post a Comment

Pages