Beranda · Cara dan Tips · Gaya Hidup · Kesehatan Manfaat Buah Manfaat Tanaman

Cara Tidur Nyenyak Ternyata Tidak Begitu Sulit


Cara tidur nyenyak ternyata tidak begitu sulit, tidur sangat penting sekali bagi kesehatan fisik maupun mental seseorang. Kualitas tidur malam yang baik akan membuat anda lebih merasa segar keesokan harinya. Tidur yang berkualitas berarti tidur nyenyak ini dengan waktu yang cukup. Untuk bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, cara tahu mengenai cara tidur nyenyak berikut ini :

Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa kurang tidur terkait dengan menurunnya daya berfikir, kemampuan bekerja dan konsentrasi. Lebih jauh lagi jika dibiarkan saja dalam jangka panjang, kurang tidur berperan dalam meningkatkan risiko pada serangan jantung, diabetes, obesitas dan kanker.

Penyebab Sulit Tidur

Jika kita sedang mengalami sulit untuk tidur, ketahuilah penyebabnya agar bisa diatasi. Beberapa hal yang menjadi penyebab sulit untuk tidur antara lain :

1. Stres
Stres merupakan respons terhadap suatu masalah sehari-hari yang sering dialami. Stres juga memengaruhi secara fisik, perilaku dan emosional. Stres yang terlalu berat dapat juga membuat tubuh ini tegang dan cemas, sehingga dapat menyebabkan masalah tidur.

2. Kondisi Medis
Ada banyak kondisi medis yang dapat juga menyebabkan tidur nyenyak ini terganggu. Beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan suatu masalah sulit untuk tidur, yakni penyakit asam lambung, kelainan tiroid seperti hipertiroidisme, asma, radang sendi, alergi, nyeri kronis dan depresi.

3. Usia
Memasuki usia 60 tahun banyak orang yang mengalami pada perubahan pola tidur, secara umum, mereka yang sudah berusia 60 tahun keatas sangat sulit untuk tidur nyenyak dan sering terbangun di malam hari.

4. Efek Zat Kimia
Alih-alih menenangkan, alkohol dan juga kafein yang kita konsumsi dapat juga membuat kita terbangun pada malam hari dan sering dari biasanya. Akibatnya pada saat bangun tidur badan akan menjadi tidak segar. Bahkan terlalu banyak untuk mengkonsumsi alkohol ini kadang-kadang dapat juga menyebabkan sakit kepala dan berkeringat. Dengan kecanduan nikotin dapat juga menyebabkan efek yang sama.

5. Irama Tidur atau Ritme Sirkadian
Manusia memiliki alarm tubuh yang juga disebut dengan ritme sirkadian. Ritme ini juga berkaitan dengan siklus tidur. Makin rutin dan juga stabil pada waktu tidur yang kita jalani setiap harinya, makin bagus juga kualitas tidur. Ritme sirkadian ini juga dapat berubah oleh suatu kegiatan olahraga, paparan cahaya dan tidur siang, misalnya bila kita terus menerus melihat gawai pada saat sebelum tidur. Sering juga berpergian jauh ke tempat dengan zona pada waktu berbeda akibat jetlag.

Cara Tidur Nyenyak Ternyata Tidak Begitu Sulit

Selain mengetahui penyebab dan factor-faktor yang dapat juga mengganggu kualitas tidur agar dapat dihindari, berikut ini adalah cara tidur nyenyak yang bisa kita coba.

1. Membatasi Tidur Siang
Tidur siang bisa juga menjadi penyebab kita sulit untuk tidur di malam harinya. Oleh karena itu disarankan untuk menghindari ataupun membatasi tidur siang. Yaitu tidak lebih dari 30 menit. Untuk menghindari tidur siang, kita dapat juga mengalihkan perhatian pada hal-hal yang lain, seperti misalnya berjalan kaki, minum minuman yang dingin atau mengobrol.

2. Hindari Olahraga Yang Berat Sebelum Tidur
Olahraga yang dapat menghasilkan efek lelah yang dapat membuat mudah tidur, tapi seringkali dapat menghasilkan efek yang segar dan membuat tubuh ini semakin terjaga. Bagi anda yang sangat sulit untuk tidur setelah berolahraga. Disarankan menggantinya dengan relaksasi yang dapat menenangkan, dengan melakukan yoga, mandi air hangat, membaca buku, atau bisa mendengarkan music yang menjadi pilihan.

3. Hindari Makanan Yang Berat Menjelang Waktu Tidur
Makanan yang berat akan membuat sistem pada pencernaan ini bekerja lebih keras, sehingga dapat mengganggu tidur nyenyak. Jika anda merasa lapar pada saat malam hari, siasati dengan mengkonsumsi makanan yang ringan, seperti biscuit, susu dan sereal. Satu hal lagi anda harus batasi waktu makan paling lambat satu jam sebelum tidur.

4. Hindari Minum Kopi atau Merokok Sebelum

Kopi mengandung kafein yang dapat juga membuat anda ini sangat sulit mengantuk. Meskipun dipaksakan untuk tidur, kita bisa juga terbangun beberapa kali di malam hari. Hal ini juga membuat kualitas tidur anda akan menurun dan mengurangi waktu tidur. Efek nikotin pada rokok pun akan sama.

5. Hindari Bekerja, Nonton TV, dan Menggunakan Gawai Di Kamar Tidur
Hindari bekerja di tempat tidur, agar pikiran anda ini bisa rileks. Anda juga dianjurkan untuk melupakan sejenak pikiran-pikiran yang ada hubungannya dengan pekerjaan, deadline serta ujian. Singkirkan peralatan elektronik, seperti Hp, TV dari tempat tidur anda agar tidak tergoda dengan hal tersebut.

6. Buatlah Jadwal Tidur Yang Tetap
Seperti yang telah dibahas diatas. Tidur pada jam yang sama secara rutin ini sangat bermanfaat untuk dapat membantu otak dan juga tubuh menciptakan alarm alami. Lakukan kebiasaan tidur yang teratur, bahkan pada saat akhir peka. Jadwal tidur yang tetap juga akan membantu anda tidur lebih nyenyak, jangan lupa untuk menciptakan suasana ruang tidur senyaman mungkin dan gunakan juga pencahayaan yang redup, agar tubuh ini dapat beristirahat sepenuhnya.

Tidur bermanfaat dalam menjaga tubuh ini tetap sehat. Tidur juga dapat membantu menguatkan daya tahan tubuh, dengan menjaga suasan hati dan menjaga pikiran agar tidak stres. Oleh karena itu dengan memperoleh tidur yang nyenyak ini sangat penting sekali bagi kesehatan fisik maupun emosional. Banyak juga Cara tidur nyenyak ternyata tidak begitu sulit, jika kita terapkan dengan cara tersebut. Jika langkah-langkah diatas anda terapkan, namun masih saja sulit untuk tidur nyenyak, ada baiknya anda berkonsultasikan dengan dokter.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Tidur Nyenyak Ternyata Tidak Begitu Sulit"

Post a Comment

Pages